Header Ads

Soal dan Kunci Jawaban Ulangan Harian Pekerjaan Dasar Teknik Mesin | Konsep Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L)


Teknik Pemesinan: Soal Ulangan Harian Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM). Admin buat dengan tujuan semoga bisa membantu bapak/ibu guru dan siswa dalam proses belajar dan mengajar.

Materi:
- Konsep Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L)

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Apakah yang dimaksud dengan PPE?
Jawab:
Personal Protective Equipment (PPE) adalah seperangkat alat yang digunakan untuk melindungi sebagian atau seluruh tubuh darl potensi bahaya atau kecelakaan kerja.

2. Sebutkan peranan K3L dalam menggunakan mesin saat Anda bekerja!
Jawab:
Peranan Keselamatan. Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L) sebagai berikut.
a. Setiap tenaga kerja berhak mendapatkan periindungan atas keselamatannya dalam melakukan pekerjaan untuk kesejahteraan hidup dan meningkatkan produktivitas nasional.
b. Setiap orang yang berada di tempat kerja perlu terjamin keselamatannya.
c. Setiap sumber produksi perlu digunakan dan dipergunakan secara aman dan efisien.
d. Untuk mengurangi biaya p erusahaan jika terjadi kecelakaan.

3. Sebutkan ruang lingkup hiperkes!
Jawab: 
Ruang lingkup hiperkes dapat dijelaskan sebagai berikut.
a. Keselamatan dan kesehatan kerja diterapkan di semua tempat kerja yang di dalamnya melibatkan aspek manusia sebagai tenaga kerja, bahaya akibat kerja,.dan usaha yang dikerjakan.
b. Aspek periindungan dalam hiperkes, meliputi tenaga kerja dari semua jenis dan jenjang keahlian, peralatan, dan bahan yang dipergunakan, faktor-faktor lingkungan fisik, biologi, kimiawi. maupun sosial, proses produksi, karakteristik dan sifat pekerjaan, serta teknologi dan metodologi kerja.
c. Penerapan hiperkes dilaksanakan secara holistik sejak perencanaan hingga perolehan hasil dari kegiatan industri barang maupun jasa.
d. Semua pihak yang terlibat dalam proses industri atau perusahaan ikut bertanggung jawab atas keberhasilan usaha hiperkes.

4. Sebutkan empat aspek yang perlu diperhatikan ketika bekerja di bengkel mesin!
Jawab: 
a. Kondisi lingkungan bengkel mesin (tempat kerja).
b. Alat keselamatan kerja di bengkel mesin, misalnya pakaian, sepatu. dan lamnya.
c. Bekerja dengan aman dan rapi.
d. Perilaku di dalam bengkel.

5. Sebutkan syarat-syarat alat APD yang baik!
Jawab:
a. Pakaian kerja harus seragam dan ketidaknyamanan dibuat harus yang paling minim.
b. Pakaian kerja harus tidak mengakibatkan bahaya lain, misa'rya lengan yang terlalu lepas atau ada kain yang lepas yang sangat memungkinkan masuk *e dalam mesin.
c. Bahan pakaiannya harus memiliki derajat resistensi yang c~*up untuk panas dan suhu kain sintesis (nilon, dan Iain-lain) yang dapat meleleb ole* S*JK J trnggi seharusnya tidak digunakan.
d. Pakaian kerja harus dirancang untuk menghindari partikei-partikei panas terkait di ceiana, masuk di kantong. atau terselip di lipatan-lipatan pakata’"
e. Harus memberikan periindungan yang cukup terhaaao oareya vang dihadapi tenaga kerja/ sesuai dengan sumber bahaya yang ada.
f. Tidak mengganggu aktivitas pemakai.
g. Mudah diperoleh di pemasaran.
h. Memenuhi syarat spesifik lain.
i. Nyaman digunakan.



>>> Semoga Bermanfaat <<<

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.