Header Ads

Soal dan Pembahasan Ulangan Harian Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI | KD 3.6 Memahami alat potong mesin bubut

Soal dan Pembahasan Ulangan Harian Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI | KD 3.6 Memahami alat potong mesin bubut


Teknik Pemesinan: Soal Ulangan Harian (UH) Teknik Pemesinan Bubut ini admin buat dengan tujuan semoga bisa membantu bapak/ibu guru dan siswa dalam proses belajar dan mengajar.

MATERI:
- Macam-macam alat potong pada mesin bubut

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Apakah yang dimasksud dengan bor senter?
Jawab:
Bor senter adalah salah satu alat potong pada mesin bubut yang berfungsi untuk membuat lubang senter pada ujung permukaan benda kerja.

2. Ada berapa jeniskah bor senter? sebutkan!
Jawab:
Ada tiga, yaitu bor senter standar (standart center drill), bor senter dua mata sayat (safety type center drill) dan bor mata sayat radius (radius form center drill).

3. Apakah fungsi mata bor (twist drill)
Jawab:
Mata bor adalah salah satu alat potong pada mesin bubut yang berfungsi untuk membjuat lubang pada benda pejal. Dalam membuat lubang diameter bor dapat disesuaikan dengan kebutuhan yaitu tergantung dari diameter mata bor yang digunakan.

4. Apakah fungsi kontersing (countersink)?
Jawab:
kontersing (countersink) adalah salah satu alat potong pada mesin bubut yang berfungsi untuk membuat champer pada ujung lubang agar tidak tajam atau untuk membuat champer pada ujung lubang untuk membenamkan kepala baut berbentuk tirus.

5. Sebutkan jenis-jenis kontersing dilihat dari tangkainya!
Jawab:
Apabila dilihat dari tangkainya, kontersing dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu kontersing tangkaki lurus dan kontersing tangkai tirus.



>>> Semoga Bermanfaat <<<

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.