Header Ads

55 Latihan Soal dan Kunci Jawaban UN/UNBK Bahasa Indonesia SMK Paket-3


Baca Juga:
Latihan Soal dan Kunci Jawaban UN/UNBK Bahasa Indonesia Paket-1
Latihan Soal dan Kunci Jawaban UN/UNBK Bahasa Indonesia Paket-2
1.   Cermatilah paragraf berikut!
Melakukan safari di tengah sabana dengan memandangi binatang liar berkeliaran tentu menjadi pengalaman wisata eksotis. Akan tetapi saat membayangkan harus duduk di sebuah mobil dengan panas terik menerpa tubuh, tentulah tidak nyaman. Namun, Rovos Rail, kereta api super mewah ini akan membawa para pelancong bersafarimelintas sabana dan stepa Afrika Selatan dalam kondisi yang sangat aman. Wisatawan dapat duduk santai menikmati minuman dingin tanpa merasakan kepenatan.
     Makna istilah bergaris bawah pada teks berita di atas adalah ….
     A.  perjalanan keliling, hutan cemara yang berada di pegunungan, sangat aneh
     B.  perjalanan panjang, padang rumput yang kering, tak bisa terlupakan
     C.  perjalanan wisata, padang rumput yang luas tanpa pepohonan, sangat menarik
     D.  perjalanan jauh, padang rumput yang diselingi pepohonan, belum banyak dikenal
     E.  perjalanan bersama., padang pasir yang diselingi rumput, jarang dialami orang

2.   Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Bumi saat ini sedang menghadapi masalah-masalah lingkungan yang serius. Masalah-masalah lingkungan utama tersebut adalah ledakan jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global, kepunahan tumbuhan dan hewan, kerusakan habitat alam, peningkatan polusi, dan kemiskinan. Dari hal itu dapat dibayangkan betapa besar kerusakan alam yang terjadi karena populasi yang besar, konsumsi sumber daya alam , dan polusi yang meningkat, sementara teknologi saat ini belum dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.
     Gagasan pokok paragraf eksposisi di atas adalah ….
     A.  Masalah-masalah lingkungan yang dihadapi bumi.
     B.  Ledakan penduduk sebagai masalah lingkungan paling utama.
     C.  Besarnya kerusakan alam yang karena jumlah populasi yang besar.
     D.  Besarnya kerusakan alam dan lingkungan yang telah terjadi di bumi.
     E.  Belum mampunya teknologi menyelesaikan masalah kerusakan alam.

3.   Cermatilah paragraf berikut!
Satu muara jawaban dari persoalan ketertinggalan dengan negara lain di segala bidang adslah kualitas penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Penyelenggaraan pendidikan secara formal di Indonesia terletak pada sekolah atau lembaga pendidikan, termasuk juga kursus-kursus yang ada. Hal ini tidak terlepas dari system perekrutan kerja di berbagai karier di Indonesia yang ditentukan dengan cara-cara formal seperti menunjukkan ijazah, sertifikat, nilai rapor, dan sejenisnya. [….]
     Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi teks editorial di atas adalah ….
  A.   Maka dari itu , kita tidak boleh lengah dalam menuntut ilmu di sekolah atau lembaga pendidikan, termasuk   kursus.
  B.   Oleh karena itu, kualitas tenaga kerja Indonesia belum bersaing dengan tenaga kerja dari luar negeri
  C.  Akibatnya, lembaga pendidikan lebih mementingkan pemberian ijazah/sertrifikat sebagai formalitas  daripada kualitas.
  D.  Dengan demikian, jawaban dari persoalan ketertinggalan dengan Negara lain di segala bidang adalah pendidikan.
  E. Oleh karena itu, mutu lembaga pendidikan harus terus ditingkatkan sejalan dengan perkembangan teknologi.

4.   Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Bahasa Indonesia sebagai media interaksi antarbahasa yang memiliki banyak variasi kosakata tidak dapat dilepaskan dari bahasa lain, baik bahasa daerah maupun bahasa asing.
      Inti kalimat dari kalimat panjang tersebut adalah ….
      A.  bahasa Indonesia sebagai media interaksi antarbahasa
      B.  media interaksi antarbahasa memiliki variasi kosakata
      C.  variasi kosakata tidak dapat dilepaskan dari bahasa lain
      D.  variasi bahasa lain meliputi daerah maupun bahasa asing
      E.  bahasa Indonesia tidak dapat dilepaskan dari bahasa lain

5.   Bacalah paragraf berikut!
Sekolah internasional di Indonesia sudah menjadi pilihan tempat menuntut ilmu bagi para pelajar di Asia Tenggara. Berdasarkan hasil penelitian dari ISC Research, terdapat 192 sekolah di Indonesia yang menjadi tujuan para siswa di Asia Tenggara. Jumlah tersebut tertinggi untuk kawasan Asia Tenggara. Hal tersebut menjadi alas an diadakannya konferensi Global Education Supplies and Solutions (GESS) Indonesia 2017 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada 27-29 September 2017. (Dikutip dari Liputan6.com).
     Tanggapan logis terhadap berita tersebut adalah ….
      A. Indonesia sebagai tempat pilihan sekolah internasional tertinggi di Asia Tenggara harus disinergikan dengan peningkatan SDM dan mutu pendidikan di Indonesia.
      B. Sudah selayaknya Indonesia menjadi tempat pilihan sekolah internasional tertinggi di Asia Tenggara karena wilayahnya cukup luas dengan mobilitas penduduk yang cukup tinggi.
      C. Sekolah internasional tertinggi di Asia Tenggara seharusnya menyiapkan pelajar yang siap berkompetisi dengan para pelajar lainnya di dunia internasional.
      D. Berdasarkan hasil penelitian dari ISC Research, para kepala pemerintahan di Asia Tenggara sebaiknya segera melaksanakan konferensi untuk mengoordinasi kerjasama.
      E. Konferensi Global Education Supplies and Solutions (GESS) Indonesia 2017, yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada 27-29 September 2017 patut diapresiasi.

6.   Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Jejaring sosial muncul atas dasar ide untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia. Kehadiran jejaring sosial diawali dengan munculnya Sixdegrees.com pada tahun 1997 sebagai situs jejaring sosial pertama di dunia. Tahun 1999 – 2000 muncul beberapa situs jejaring sosial dengan system informasi searah yang kurang popular. Tahun 2003 bermunculan kembali situs jejaring sosial lain dengan beragam kategori seperti Flikr (berbagi foto), yuotube (berbagi video), dan myspace (jejaring sosial musik). Namun, pada tahun 2006 kehadiran Facebook menggeser posisi jejaring sosial pada saat itu. Facebook yang telah diluncurkan pada tahun 2004 mampu memiliki 750 juta pengguna. Setelah itu, tahun 2009, muncul jejaring sosial Twitter  yang membatasi kicauan (tweet) maksimal 140 karakter. Pembatasan ini justru membuat twitter menjadi jejaring sosial micro blogging yang popular. Akhirnya, pada tahun 2011 muncul lagi jejaring sosial baru bernama Google+ yang dibuat oleh perusahaan internet raksasa Google. Google+ memiliki fitur gabungan antara Facebook dan Twitter.
      Abstraksi yang sesuai untuk teks tersebut adalah ….
     A. Kehadiran jejaring sosial diawali dengan munculnya Sixdegrees.com tahun 1997, lalu disusul oleh Flikr,Youtube, dan Myspace tahun 2003, namun akhirnya digeser oleh Facebook, Twitter dan Google+ tahun 2011
     B.  Jejaring sosial muncul atas dasar ide untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia yang diawali dengan munculnya Sixdegrees.com dan berakhir dengan Google+ yang merupakan penggabungan dari beberapa jejaring sosial.
     C.  Kehadiran jejaring sosial diawali dengan munculnya Sixdegrees.com tahun 1997, diikuti oleh beberapa situs yang kurang popular, lalu disusul oleh Flikr, Youtube, dan Myspace tahun 2003, yang akhirnya digeser oleh Facebook (2006) dan Twitter (2009), dan terakhir ada Google+ (2011).
     D.  Jejaring sosial muncul atas dasar ide untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia yang diawali dengan munculnya Sixdegrees.com pada tahun 1997, diikuti oleh beberapa situs jejaring sosial antara tahun 2003 – 2009, berakhir dengan munculnya Google+ tahun 2011.
     E.  Kehadiran jejaring sosial untuk menghubungkan orang-orang di seluruh dunia diawali dengan munculnya Sixdegrees.com tahun 1997, akhirnya digeser oleh Facebook tahun 2006, juga Twitter tahun 2009, dan terakhir oleh Google+ tahun 2011
     
7.   Cermatilah paragraf berikut dengan saksama!
Gagasan utama: Mengurangi pemanasan global
Gagasan penjelas:
(1) Penghijauan kembali hutan gundul                         (4) Meningkatkan penggunaan biogas
(2) Mengurangi penggunaan bahan bakar fosil            (5) Mengembangkan listrik pintar
(3) Meningkatkan penggunaan batubara
      Gagasan penjelas yang tepat untuk gagasan utama tersebut ditandai dengan nomor …..
      A.  (1), (2), (3)        B.  (1), (2), (4)             C.  (2), (3), (4)             D.  (2), (3), (5)             E.  (3), (4), (5)

8.   Cermati paragraf berikut
(1) Pemanasan global juga terjadi karena salah satu kesalahan gaya hidup, yaitu boros listrik. (2) Penghematan energy listrik bukan hanya ditujukan untuk menghemat biaya, akan tetapi juga untuk mencegah pemanasan global. (3) Kaitan antara listrik dan pemanasan global. (3) Kaitan antara listrik dan pemanasan global adalah penggunaan bahan bakar fosil  batubara untuyk membangkitkan listrik dapat menimbulkan debu dan polusi yang sangat besar. (4) Batu bara saat ini masih menjadi sumber listrik terbesar di dunia. (5) Namun, tren penggunaan batubara dalam pembangkit listrik turun akibat kekhawatiran terhadap masalah lingkungan.
      Kalimat yang berisi fakta dalam teks tersebut di tandai dengan nomor …..
      A.  (1) dan (2)         B.  (2) dan ((3)         C.  (2) dan (4)         D.  (3) dan (4)           E.  (4) dan (5)

9.   Bacalah penggalan novel berikut!
Demikianlah, hampir seluruh malam Hayati karam di dalam permohonannya kepada Tuhan, supaya Tuhan memberi perlindungan dan tujuan di dalam hidupnya, sebab sangat sekali surat Zainuddin mempengaruhi jiwanya. Ia merasa dirinya dalam gelap, dia meminta cahaya. Bermacam-macam perasaan yang bergelora hebat semalam itu dalam jiwanya ganjil, beraneka warna, bercampur antara cinta dan takut, kesenangan pikiran dan kesedihan, bertempur antara pengharapan yang besar dan cita-cita yang rasakan patah. Dalam dia menangis, tiba-tiba berganti dengan tersenyum. Dalam tersenyum dia kembali mengeluh panjang. Mengapa dia menangis? Entahlah, dia sendiri pun masih ragu. Apa sebab dia tersenyum? Padahal biasanya senyuman dengan air mata itu adalah dua yang bermusuh yang tak mau berdamai. Mengapa sekali ini dia damai?
(Tenggelamnya Kapal van Der Wijk, Hamka, dengan penyesuaian)
      Unsur yang dominan dalam penggalan novel tersebut ialah …..
      A.  latar                   B.  amanat                   C.  karakter                  D.  alur                        E.  tema

10.   Bacalah paragraf berikut!
(1) efek rumah kaca mempunyai peran yang besar dalam terjadinya pemanasan global. (2) Fenomena ini merupakan istilah untuk proses atmosfer menghangatkan planet. (3) Panas yang terkumpul dari bumi terperangkap oleh gas-gas di atmosfer. (4) Hal ini mengakibatkan panas tersebut dipantulkan kembali ke permukaan bumi, bukan diteruskan ke luar angkasa. (5) Efek rumah kaca yang berlebihan akan mengganggu iklim.
      Kalimat yang berisi opini dalam teks tersebut di tandai dengan nomor ….
      A.  (1) dan (2)        B.  (1) dan (5)           C.  (2) dan (3)      D.  (3) dan (4)              E.  (4) dan (5)

11.   Bacalah penggalan cerpen berikut!
Sejenak Makaji diam mendengar tawaran Azrial. Tabiat orang tua memang selalu begitu, walau terasa semanis gula, tak bakal langsung direguknya, meski sepahit empedu tidak pula buru-buru dimuntahkannya, mesti matang ia menimbang. Makaji memang sudah lama menunggu ajakan seperti itu. Orang tua mana yang tak ingin berkumpul dengan anaknya di hari tua?
      Majas yang terkandung dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….
      A.  metafora          B.  personifikasi       C.  hiperbola        D.  paradoks    E. tautology

12.   Bacalah penggalan cerpen berikut
Awalnya ia hanya tukang cuci piring di rumah makan milik seorang perantau dari Lareh Panjang yang lebih dulu mengadu untung di Jakarta. Sedikit demi sedikit dikumpulkannya modal, agar tidak selalu bergantung pada induk semang. Berkat kegigihan dan kerja keras selama bertahun-tahun, Azrial kini sudah jadi juragan, punya enam rumah makan dan dua puluh empat anak buah yang tiap hari sibuk melayani pelanggan. (Cerpen Juru Masak, Damhuri Muhammad)
      Makna ungkapan bergaris bawah yang terdapat pada teks tersebut adalah ….
      A.  merantau, rekanan                  C.  berusaha, tetangga                  E.  berdagang, pimpinan
      B.  bekerja, rekan                         D.  berspekulasi, majikan

13.   Cermatilah penggalan drama berikut!

Wibagso


Ratri


Wibagso
:


:


:
“Sejarah telah menjadi gembok paling aman untuk menyimpan rahasia kita. Seluruh rahasia kita akan dilindungi sejarah, karena kita telah menyejarah. Bahkan kita adalah sejarah itu sendiri.”
“Tak sia-sia, dulu aku dengan jantung berdegub, menerobos kantung-kantung musuh untuk mencari bocoran informasi. Para KNIL, tentara-tentara bayaran penjajah itu menyangka aku sekutu, padahal sesungguhnya aku ini seteru.”
“Kamu memang mata-mata yang cerdas dan cemerlang. Matamu setajam mata elang. Pendengaranmu setajam kesunyian. Aku masih menyimpan kenangan yang sangat manis. Ya, pertempuran di Watu Gilang. Berkat informasimu, aku berhasil menghalau dan melumpuhkan musuh.”
(Monumen, Indra Tranggono)

      Tema penggalan drama di atas adalah ….
      A.  sejarah             B.  penjajah          C.  pertempuran        D.  perjuangan          E.  kepahlawanan

14.   Bacalah penggalan cerpen berikut!
Masih segar dalam ingatan Azrial, waktu itu Renggogeni hampir tamat dari akademi perawat di kota. Tidak banyak orang Lareh Panjang yang bisa bersekolah tinggi seperti Renggogeni. Perempuan kuning langsat pujaan Azrial itu benar-benar akan menjadi seorang juru rawat. Sementara Azrial bukan siapa-siapa, hanya tamatan madrasah aliyah yang sehari-hari bekerja honorer sebagai sekretaris di kantor kepala desa. Ibarat emas dan Loyang perbedaan mereka. (Cerpen Juru Masak, Damhuri Muhammad)
      Makna perbedaan bergaris bawah yang terdapat pada teks tersebut adalah ….
      A.  perbedaan barang berharga dan tidak berharga    
      B.  perbedaan kedudukan yang sangat mencolok        
      C.  perbedaan kadar emas dalam sebuah logam
      D.  perbedaan hati yang menerima dan menolak
      E.  perbedaan keinginan yang tidak tersampaikan

15.   Bacalah teks drama berikut dengan saksama!
Abu       :  “Tuhan?”
Kakek   :  “Yakinlah.”
Abu       :  “Kalau begitu Dia yang memulai segala ini?”
Kakek   :  “Juga yang akan mengakhiri segalanya.”
Abu       :  “Mulai dan mengakhiri?”
Kakek   :  “Membangun dan meruntuhkan sekaligus.”
Abu       :  “Saya jadi bodoh.”
Kakek   :  “Kau tidak bodoh. Dan ketika kau dihidupkan, ajal disisipkan dalam salah satu tulang igamu. Dialah—Tuhan.”
Abu       :  “Tuhan.”
Kakek   :  “Dialah – Tuhan. Yang telah menciptakan jagad raya dan seisinya. Maka bersyukurlah kau kepada-Nya. Maka sembahlah kau Kepada-Nya. Maka patuhlah kau kepada firman-firman-Nya. Maka perbuatlah segala perintah-perintah-Nya. Maka jauhilah segala larangan-larangan-Nya. Barang siapa melanggar, neraka hukumannya. Baranjg siapa patuh, surge upahnya.”
(Kapai-kapai, Arifin C. Noer, dengan penyesuaian)
      Isi yang sesuai teks drama tersebut adalah
      A.  Manusia harus mengerti segala sesuatu dengan cara mendengarkan nasihat.
      B.  Anak menjadi bodoh karena tidak dapat meyakini penjelasan orang tua.
      C.  Orang yang tidak pernah bisa mengerti termasuk golongan insane yang malang.
      D.  Manusia harus meyakini keberadaan Tuhan dan menjalankan segala aturan-Nya
      E.  Ketika manusia dihidupkan, maka dalam waktu bersamaan ajal juga disisipkan.

16.   Bacalah puisi berikut
Muka putih di jendela
Mengikuti aku dari subuh
Semua kekal
Nyawa
Jejak membekas di lumpur hati
Kata
Suara bergema di ruang abadi
Tangan
Jari gemetar menyaput sajak
Mata
Kenangan akhir membakar diri
Muka putih di jendela
Mengikuti aku dari subuh
Tanganku lumpuh                                                                                            (Subagio Sastrowardoyo)
      Tema puisi tersebut adalah …..
      A.  merasa diikuti                          C.  merasa berdosa                       E.  merasa kotor
      B.  merasa ketakutan                     D.  merasa diganggu

17.   Bacalah penggalan cerpen berikut!
Barangkali pagi adalah waktu yang akan selalu disesali oleh pak Dirman. Betapa tidak, kehadiran matahari yang menyilaukan mata lewat jendela sempit di kamarnya itu kemudian memaksanya terbangun dari mimpi-mimpi malam untuk menyaksikan kenyataan yang tak pernah dia harapkan sebelumnya. Lagi-lagi tubuh ringkih yang hampir separuh abad tuanya itu harus mempersiapkan segalanya dengan segera. Disulutnya kompor minyak yang sudah penuh karat untuk menanak nasi. Lalu Pak Dirman bergegas menimba air untuk mandi. Begitulah, kemudian anak semata wayangnya yang baru duduk di bangku SD kelas tiga itu dimandikan, meski sudah besar. Setelah beres, baru Pak Dirman sarapan pagi bersama istrinya sekaligus mendulang Dodi anak semata wayangnya. Pak Dirman akan mengantar Dodi sekolah sembari mengayuh becak tuanya ke pasar. (sebuah harapan)
      Isi kutipan cerpen tersebut adalah ….
      A.  Kehidupan keluarga Pak Dirman yang sangat miskin.
      B.  Perjuangan seorang ayah untuk mencukupi kebutuhan keluarganya.
      C.  Anak semata wayang yang manja dan belum bisa mandiri.
      D.  Penyesalan Pak Dirman pada kenyataan hidup yang harus dijalaninya.
      E.  Istri Pak Dirman yang tidak mau mengerjakan pekerjaan rumah.

18.   Bacalah penggalan cerita berikut!
Sebentar-sebentar simin menengok kea rah sungai yang mengalir tenang. Baru kali ini ia merasa betul-betul iri. Besok lusa sungai itu akan dipercantik dan untuk itu dia, keluarganya dan teman-temannya harus menyingkir. Ironis sekali, tetapi simin sadar bahwa sungai itu tidak bersalah, sungai itu bahkan membantu mencuci pakaiannya, berasnya, dan lain-lain. Sungai itu juga mungkin sama dungunya seperti didirnya, tidak tahu untuk siapa dia dipercantik. Sambil menentang buntelan dan menggandeng anaknya, simin melangkah terus sambil sekali-sekali menggigit bibirnya. Tiap kali badannya hampir roboh, simin berusaha tegak kembali. Dia tidak mau jatuh. Dia tidak mau menyerah begitu saja. Setidaknya untuk harga diri keluarganya. Anak perempuannya yang sedari tadi diam saja, tiba-tiba mengguncangkan tangannya, “Pak, tidur di mana kita nanti malam?”
(Gubuk Kecil di Tepi Sungai, Sari Narulita)
      Interpretasi yang sesuai dengan isi teks cerita tersebut adalah ….
      A.  Daerah aliran sungai yang akan dipugar untuk mempercantik tatakota
      B.  Sungai di dekat tempat tinggal simin dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari.
      C.  Keirian teman-teman Simin kepada keluarganya yang tinggal di tepi sungai.
      D.  Ironisnya kehidupan masyarakat yang bermukim di daerah aliran sungai.
      E.  Kecemasan Simin akan keluarganya karena tempat tinggalnya digusur.

19.   Bacalah teks anekdot berikut!
Para pembesar negeri Kuda Hijau pergi haji bersama-sama. Saat acara melempar jumrah, terjadi hal yang aneh. Setiap kali pembesar-pembesar itu melempar jumrah, batunya memantul mengenai jidad masing-masing. Semua menteri marah-marah, saling menuduh teman yang melempar jidadnya. Bahkan di antara mereka hampir terjadi baku pukul. Akhirnya Sang Perdana Menteri pun menengahi, “Sesama setan jangan saling melempar!” Maka, sontak semuapembesar negeri itu pun diam.
      Interpretasi yang sesuai dengan isi teks anekdot tersebut adalah ….
      A.  Peringatan Perdana Menteri agar sesame menteri jangan saling melempar.
      B.  Mengisahkan terjadinya pelemparan jidad para pembesar negeri Kuda Hijau
      C.  Menunjukkan terjadinya hal aneh saat para pembesar negeri melempar jumrah
      D.  Menceritakan akan terjadinya baku pukul di antara para pembesar negeri Kuda Hijau
      E.  Menyindir para pembesar negeri Kuda Hijau yang ternyata bukan orang-orang baik.
  
20.   Bacalah penggalan paragraf berikut dengan saksama!
Teknologi iris scanner diyakini dapat memberikan kecepatan dan keamanan sepuluh kali lebih baik daripada fingerprint scanner. Perkembangan teknologi ini lambat laun akan menggusur teknologi fingerprint. Bahkan {….}, teknologi iris ini akan digunakan dalam banyak fungsi, seperti absensi bagi sekolah atau kantor, cctv, serta media untuk [….] akun dan pembayaran
      Diksi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
      A.  diharapkan, memverifikasi      C.  diusahakan, mengunggah        E.  diprediksi, mengakses
      B.  diungkapkan, mengunduh        D.  diyakini, mengkros cek

21.   Bacalah penggalan drama berikut!
Kakek     :  “Oh, ini bukan masalah rela atau tidak rela. Orang yang berkelebihan memang tidak boleh membiarkan orang-orang kelaparan, apalagi itu di depan mata kita. Bisa dibilang, itu memang sudah kewajiban, meskipun mereka yang diberi terkadang tidak tahu diri.”
Nenek       :  “Betul Kek, saya saja dianggap pembantu sama mereka. Tapi kita harus sabarlah, Kek.”
Kakek     :  “Orang miskin ini memang cenderung egois. Mereka merasa paling benar. Mereka merasa berhak menerima pemberian dari kita/ lihat saja, mereka seenaknya membangun tenda-tenda di depan rumah kita. Bahkan, sering kali saya susah mengeluarkan mobil dari garasi. Tapi ini tidak boleh jadi alas an kita membalas perbuatan mereka. Orang-orang sukses tidak pernah memiliki rasa dendam.”(Lumpur Kemiskinan saduran dari cerpen Gerobak, Seno Gumira Ajidarma)
      Interpretasi yang sesuai isi drama tersebut adalah ….
      A.  Orang yang kaya tidak boleh membiarkan oaring-orang miskin kelaparan.
      B.  Orang miskin selalu merasa berhak untuk mendapat bagian dari orang kaya.
      C.  Orang miskin boleh membangun tenda-tenda di depan rumah orang kaya.
      D.  Orang kaya harus lebih banyak mengalah kepada orang miskin.
      E.  Orang-orang sukses tidak boleh memiliki rasa dendam kepada orang miskin.

22.   Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
Kira-kira sepuluh hari sebelum Lebaran tiba, gerobak-gerobak berwarna putih itu akan muncul di berbagai sudut kota kami, seperti selalu terjadi dalam bulan puasa tahun-tahun belakangan ini. Gerobak itu tidak ada bedanya dengan gerobak pemulung, atau bahkan gerobak sampah lainnya, dengan roda karet dan pegangan kayu untuk di hela kedua lengan di depan. Hanya saja gerobak ini ternyata berisi manusia. Dari balik dinding gerobak berwarna putih itu akan tampak sejumlah kepala yang menumpang gerobak tersebut, biasanya seorang ibu dengan dua atau tiga anak yang masih kecil, dengan seorang bapak bertenaga kuat yang menjadi penghela gerobak tersebut.  (Gerobak, Seno Gumira Ajidarma)
      Unsur yang dominan dalam penggalan cerpen di atas ialah ….
      A.  latar tempat dan budaya               C. latar tempat dan suasana                E.  tema dan amanat
      B.  latar waktu dan tempat                  E.  penokohan dan alur

23.   Bacalah paragraf cerpen berikut!
Kimpul merasa uang yang tergenggam di tangannya itu bukan miliknya. Ia pasti salah alamat, piker Kimpul. Karena itu Kimpul buru-buru berjalan kea rah laki-laki itu pergi. Setelah itu, ia berlari-lari kecil di ke empat sisi lapangan. Namun, laki-laki tidak ditemukannya. Ia kembali ke tempat bekerja dengan napas tersengal-sengal. Kimpul benar-benar tidak tahu apa yang akan dilakukan dengan uang Rp. 100.000 di tangannya itu. Ia berpikir keras dan menggedor-gedor ingatannya. (Kimpul)
      Watak yang dominan tergambar dalam kutipan cerpen tersebut adalah …..
      A.  pelupa              B.  jujur                C.  licik                     D.  mudah panik       E.  tergesa-gesa
  
24.   Cermatilah dua teks dialog berikut!
Teks 1
Teks 2
Abu      :  Bagaimana kau tahu Nabi Sulaiman ada di sana?
Kakek  :  Kau memang buta huruf. Dalam kitab agama lengkap segala tanda-tanda
Abu      :  Kalau begitu tunjukilah saya cara menuju surga.
Kakek  :  Bersembahlah kau kepada-Nya
Abu      :  Baik, berapa lama saya mesti menyembah?
Kakek  :  Sampai kau mati.
Abu      :  Ha? Lalu kapan saya mengecap surga?
Kakek  :  Ketika kau mati.
Abu      :  Ha? Harus sampai batas mati untuk mencapai sana?
Kakek  :  (menghela napas) Mereka memang tidak bisa pulang ke mana-mana lagi sekarang.
Radit    :  Bukankah mereka bisa pulang kembali ke Negeri Kemiskinan?
Kakek  :  Ya, tetapi Negeri Kemiskinan sudah terendam lumpur sekarang, tanpa kepastian banjir lumpur itu selesai.
Nenek  :  Siapa pula suruh merendam negeri mereka dengan lumpur. Kita harus menerima segala akibat perbuatan kita. Heran, kenapa manusia tidak pernah cukup puas dengan apa yang sudah mereka miliki.
      Perbedaan kedua teks dialog tersebut adalah …..
      A.  Teks 1 berisi tentang nasihat agama, sedangkan teks 2 tentang sindiran kepada orang yang serakah
      B.  Teks 1 membahas jalan masuk surga, sedangkan teks 2 membahas banjir lumpur
      C.  Teks 1 berisi tentang keharusan mati untuk masuk surga, sedangkan teks 2 tentang kemiskinan
      D.  Teks 1 berisi tentang Nabi Sulaiman, sedangkan teks 2 tentang negeri kemiskinan yang banjir
      E.  Teks 1 berisi tentang keharusan ibadah, sedangkan teks 2 tentang ketidakpuasan manusia

25.   Bacalah penggalan cerpen berikut!
Pak Dirman mengayuh kembali becaknya menuju pasar. Hidup baginya tak boleh putus asa. Ia tak boleh mempertanyakan keberadaan Tuhan. Yang jelas, Tuhan akan selalu ada dalam hatinya. Jika saja ia mendekati Tuhan sejengkal, Tuhan akan mendekatinya sehasta. Jika ia mendekati Tuhan sehasta, Tuhan akan mendekatinya sedepa. Jika ia mendekati Tuhan dengan berjalan, Tuhan akan mendekatinya dengan berlari. Ia ingat betul petuah Haji Somad yang kemarin menaiki becaknya saat ia hampir putus asa. (Sebuah Harapan)
      Amanat yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….
      A.  Jadilah orang yang beriman agar tidak mempertanyakan keberadaan Tuhan.
      B.  Berdoalah selagi kita mendapat kesusahan karena Tuhan akan mengabulkan.
      C.  Kita harus mengingat petuah seorang haji karena ilmu agamanya lebih tinggi.
      D.  Kita tidak boleh berputus asa dan senantiasa percaya kepada pertolongan Tuhan.
      E.  Hati kita selalu mengingat Tuhan agar tidak melakukan tindakan dosa.

26.   Bacalah penggalan cerpen berikut!
“Sebentar lagi minumannya habis.” Gadis berkaus lusuh itu membatin. Matanya tak sedikit pun berpaling dari pemuda berjaket denim yang memegang botol. Isinya tinggal separuh. Gadis itu menggosok-gosokkan kedua kakinya yang sedari tadi menginjak tanah basah alun-alun kota Yogyakarta. Sandal bukanlah hal yang ia pikirkan. Hanya dingin. Namun, itu sudah biasa pula baginya. Pikiran itu hanya hinggapo sejenak sebelum musnah dari benaknya. Walaupun sebenarnya ia ingin segera pulang tetapi tanggung, karungnya kurang penuh mala mini. Kalau karungnya kurang penuh bakal dihargai Rp3.000,00. Jumlah yang sangat berarti baginya. Mau tak mau ia harus mendapatkan botol bekas itu, meskipun hanya satu.
      Ringkasan penggalan cerpen tersebut adalah …..
      A.  Seorang gadis pemulung dalam keadaan dingin menunggu sebuah botol minuman dibuang oleh pemiliknya untuk memenuhi karungnya.
      B.  Seorang gadis yang bergumam seorang diri untuk mengusir hawa dingin yang sedari tadi menghinggapi kakinya.
      C.  Seorang pemuda berjaket denim ditunggu oleh seorang gadis pemulung sampai minuman botolnya habis dan dibuang.
      D.  Seorang gadis pemulung akan mendapat uang Rp3.000,00, jika karungnya penuh dengan botol plastic bekas minuman.
      E.  Seorang gadis pemulung berusaha mendapatkan minuman bekas dalam botol dari seorang pemuda di dekatnya.
  
27.   Bacalah penggalan cerpen berikut!
Setiap kali akan sembahyang, sebelum sempat menggelar sajadah. Karmain selalu ditarik oleh kekuatan luar biasa besar untuk mendekati jendela, membuka sedikit kordennya, dan mengintip ke bawah, ke jalan besa, dari apartemennya di lantai Sembilan, untuk menyaksikan laki-laki pemanggul goni menembakkan matanya kea rah matanya. Tidak tergantung apakah fajar, tengah hari, sore, senja, malam, ataupun selepas tengah malam, mata laki-laki pemanggul goni selalu menyala-nyala bagaikan mata kucing di malam hari, dan selalu memancarkan hasrat besar untuk menghancurkan. Tubuh laki-laki pemanggul goni tidak besar, tidakjuga kecil, dan tidak tinggi namun juga tidak pendek, sementara goni yang dipanggulnya selamanya tampak berat, entah apa isinya.  (Laki-laki Pemanggul Goni)
      Latar tempat yang terdapat dalam cerpen tersebut adalah …..
      A.  di dalam masjid                                                             C.  di dalam gedung     E.  di pasar
      B.  di dalam apartemen                      D.  di pinggir jalan



28.   Bacalah ulasan film berikut dengan saksama!
(1)  Film 99 Cahaya di Langit Eropa adalah film drama religi yang mengisahkan pengalaman seorang jurnalis asal Indonesia yang sedang menemani suaminya menjalani kuliah doctoral di Vienna, Austria
(2)  Berawal dari Vienna (Austria), Hanum dan Rangga memulai kisahnya.
(3)  Rangga saat itu menempuh kuliah doctoral di WU Vienna, sedangkan Hanum bekerja di bidang jurnalistik mendampingi sang suami selama di Eropa
(4)  Mereka sangat sulit hidup di Eropa apalagi dengan status mereka sebagai muslim.
(5)  Rangga kesulitan mencari makanan, juga tempat untuk salat di kampusnya.
(6)  Sedangkan Hanum mengalami kesulitan mencari pekerjaan karena kurang fasih berbahasa Jerman.
      Kutipan usulan di atas berisi tentang …..
      A.  identitas film    B.  alur cerita     C.  sinopsis cerita   D.  latar suasana    E.  karakterisasi tokoh

29.   Bacalah penggalan drama berikut!
Kakek  :  “Jangan sekali-sekali mendekat, kita tidak pernah tahu apa yang mereka pikirkan tentang kita
Radit   :  “Apa yang mereka pikirkan, Kek?”
Kakek  :  “Coba saja kamu setiap hari hidup di dalam gerobak di luar sana. Apa yang akan kamu piker jika dari kegelapan melihat lampu-lampu Kristal di balik jendela, dalam kerumunan nyamuk yang berdenging-denging melihat anak kecil berbaju bersih makan es buah dan pudding warna-warni waktu berbuka puasa?”
Radit   :  “apakah mereka mau menculik aku Kek?”
Kakek  :  “Itu bisa saja terjadi, Nak. Mereka bisa merebut makananmu atau hal lain karena iri. Pokoknya kamu jangan main lagi dengan mereka!”
      Ringkasan penggalan drama tersebut adalah …..
      A.  Seorang kakek yang melarang cucunya bermain dengan orang asing.
      B.  Seorang kakek yang melarang cucunya bermain gerobak di luar rumah.
      C.  Seorang kakek yang khawatir cucunya akan diculik oleh orang asing.
      D.  Orang asing yang berniat jahat karena merasa iri dan kelaparan.
      E.  Kakek yang menasihati cucunya berpikir sebelum melakukan sesuatu.

30.   Cermati dialog negosiasi berikut!
Pemilik tanah     :  “Tetapi kami juga membutuhkan dana lebih. Kami hanya menaikkan harga sewanya Rp 2.000.000,00 per tahun.”
Penyewa tanah   :  “Bagi kami itu sangatlah berat, Pak. Kalau harga sewanya segitu, kami akan berhenti menyewa tanah itu.”
Pemilik tanah     :  “Waduh . jangan begitulah Pak.”
Penyewa tanah   :  “Lalu bagaimana?”
Pemilik tanah     :  “Bagaimana jika harga sewa hanya naik rp 1.500.000,00 per tahun?”
Penyewa tanah   :  […..]
Pemilik tanah     :  “Jangan hanya segitu, Pak. Bulatkan saja, Rp 1.000.000,00
      Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog negosiasi tersebut adalah …..
      A.  “Masih berat, Pak. Kalau hanya naik Rp 800.000,00 mungkin akan kami terima.”
      B.  “Itu masih terlalu mahal, Pak, lebih baik tidak usah dinaikkan lagi, Pak.”
      C.  “Kami setuju Rp 1.500.000,00 per tahun, tetapi bolehkah dengan cicilan tanpa bunga?”
      D.  “Harga sewa itu tidak terjangkau, jadi Bapak tawarkan saja kepadaorang lain.”
      E.  “Kalau boleh Rp1.100.000,00 saja, kami akan langsung membayar secara tunai.”

31.   Bacalah teks ulasan film berikut!
Film Sang Pemimpi adalah sekuel dari film Laskar Pelangi yang menceritakan tentang kehidupan Andrea Hirata di Belitong pada masa SMA. […..]. Ikal tidak lain adalah Andrea Hirata sendiri, sedangkan Arai adalah saudara jauhnya yang menjadi yatim piatu ketika masih kecil. Arai disebut sebagai simpai keramat, karena dalam keluarganya ia adalah orang terakhir yang masih hidup dan ia pun diangkat menjadi anak oleh ayah Ikal. Jimbron merupakan teman Arai dan Ikal. Jimbron sangat terobsesi dengan kuda dan gagap bila sedang antusias terhadap sesuatu atau ketika gugup. Ketiganya melewati kisah persahabatan yang terjalin dari kecil hingga mereka bersekolah di SMA Negeri Manggar, SMA Negeri pertama yang berdiri di Belitong.
      Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks ulasan film tersebut adalah ….
      A.  Tiga tokoh utama dalam film ini adalah Ikal, Arai dan Jimbron.
      B.  Tokoh utama dalam film ini adalah Andrea Hirata sendiri.
      C.  SMA tempat Andrea Hirata bersekolah sangat sederhana.
      D.  Ketiganya dari keluarga yang kurang mampu.
      E.  Ikal merupakan teman Arai dan Jimbron dari Belitong.

32.   Bacalah petunjuk kerja berikut!
Cara menggunakan ShareIt untuk berbagi file antar perangkat
(1)  Buka aplikasi ShareIt di perangkat Android, lalu pilih tombol “send”.
(2)  Lanjutkan dengan mimilih file yang ingin dibagikan. File yang dipilih dan dikirimkan bisa lebih dari satu file.
(3)  Setelah memilih, tekan tombol “Next”
(4)  Aplikasi ShareIt akan mencari perangkat terdekat yang sudah memiliki ShareIt di dalamnya. Oleh karena itu, pastikan telah menginstal ShareIt di smartphone atau laptop penerima.
(5)  […..]
(6)  Setelah aplikasi di smartphone pengirim menampilkan perangkat smartphone atau laptop penerima, tekan nama perangkat smartphone atau laptop penerima agar ShareIt bisa segera mengirim file yang sudah dipilih sebelumnya.
      Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk kerja tersebut adalah ….
      A.  Pada smartphone atau laptop penerima, buka aplikasi ShareIt yang sudah diinstal, lalu klik tombol “Receive”.
      B.  Tunggu sampai aplikasi smartphone penerima menerima file yang dikirim dari smartphone pengirim.
      C.  Klik “OK” pada smartphone penerima agar file yang dikirim dapat masuk ke perangkat penerima.
      D.  Ubah nama file yang dikirim agar tidak terjadi duplikasi data pada file penerima.
      E.  Tutup aplikasi ShareIt untuk memastikan file sudah diterima oleh smartphone atau laptop penerima.

33.   Bacalah pantun berikut!
[…..]
Melepas dahaga dan beban berat
Nasihat agama jangan disanggah
Agar selamat dunia akhirat
      Larik yang tepat untuk melengkapi pantun yang dirumpangkan adalah …..
      A.  Jalan-jalan di gedung megah                                          D.  Lihatlah bunganya yang merekah
      B.  Jadilah anak yang ramah
      C.  Di tepi sungai musafir singgah

34.   Bacalah pantun berikut!
Pohon besar hijau nan rimbun
Lebat daun tiada buahnya
Walau hidup seribu tahun
Tidak sembahyang apa gunanya
      Tema pantun tersebut adalah …..
      A.  pendidikan       B.  penghijauan    C.  keagamaan          D.  kemanusiaan       E.  kesehatan







35.   Bacalah teks prosedur berikut!
Sambung pucuk tomat dan terong
(1)  Potong batang terong kurang lebih 20 – 25 cm dari permukaan tanah atau sekitar 3 cm dari bagian hipokotil kemudian dibelah sekitar 2 sampai 2,5 cm.
(2)  Batang tomat yang sudah disiapkan dibuang daunnya, kemudian disayat kedua sisi pangkalnya sepanjang 2 – 2,5 cm sehingga berbentuk pipih seperti pahat.
(3)  Selanjutnya batang tomat dimasukkan kedalam belahan batang terong, lalu diikat dengan tali plastikj.
(4)  Pilihlah batang bawah, yakni pohon terong yang diameternya kurang lebih sama dengan batang atas, yakni pohon tomat.
(5)  Bagian tanaman yang telah dipadukan ditutup dengan plastic (sungkup) untuk mengurangi penguapan di sekitar sambungan.
(6)  Setelah 7 – 10 hari atau ketika tanaman yang sudah tersambung di tempat yang teduh atau diberi naungan agar terhindar dari panas matahari langsung.
      Agar membentuk teks prosedur yang benar, urutan langkah yang tepat adalah ….
      A.  (1), (6), (3), (4), (5), (2), (7)         C.  (3), (2), (1), (4), (5), (6), (7)           E.  (5), (1), (1), (4),(5), (6), (7)
      B. (2), (3), (4), (1), (5), (6), (7)           D.  (4), (1), (2), (3), (5), (7), (6)

36.   Bacalah paragraf berikut!
Dewasa ini ilmu sudah berada di ambang kemajuan yang mempengaruhi reproduksi dan penciptaan manusia itu sendiri. Jadi ilmu bukan saja menimbulkan gejala [….], namun kemungkinan […..] hakikat manusia itu sendiri. Dengan perkataan lain, ilmu bukan lagi merupakan sarana yang membantu manusia mencapai tujuan hidupnya, namun ilmu juga menciptakan tujuan hidup itu sendiri.
      Istilah yang tepat untuk melengkapiu kalimat yang rumpang tersebut adalah ….
      A.  dehumanisasi; mengubah             B.  dehumaniti; merubah                 E.  dehumanitasi; mengubah-ubah
      B.  dehumanitas; mengubah               E.  dehumanisme; merubah

37.   Perhatikan tabel berikut dengan saksama!
No
Parameter yang Diukur
Jenis Sawi dan Perlakuannya
Sawi Caisin
Sawi Pagoda
NE
E1
E2
E3
NE
E1
E2
E3
1
Tinggi Tanaman
14,9 cm
16 cm
19,5 cm
20,7 cm
3,83 cm
3,96 cm
6,08 cm
5,5 cm
2
JumlahDaun Setiap Tanaman
4 helai
5 helai
6 helai
6 helai
10 helai
17 helai
17 helai
16 helai
3
Kepekatan Warna Hijau Daun
2
4
3
5
2
4
3
5
Keterangan:
NE   :  Noneksperimen (Media Tanah, Sekam, Pupuk Kandang, dan Air Biasa)
E1    :  Eksperimen 1 (Media Tanah, Sekam, Pupuk Kandang, Ampas Teh, dan Air Biasa)
E2    :  Eksperimen 2 (Media Tanah, Sekam, Pupuk Kandang, dan Air Leri)
E3    :  Eksperimen 3 (Media Kombinasi: Tanah, Sekam, Pupuk Kandang, Ampas Teh, dan Air Leri)
      Simpulan yang sesuai dengan tabel tersebut adalah …..
      A.  Tanaman sawi caisin dalam eksperimen 3 terbukti tumbuh paling tinggi.
      B.  Jumlah daun terbanyak adalah tanaman sawi pagoda dalam eksperimen 1 dan 2.
      C.  Tanaman sawi dengan pertumbuhan terendah adalah sawi pagoda noneksperimen.
      D.  Eksperimen 2 pada tanaman sawi pagoda menghasilkan pertumbuhan tertinggi.
      E.  Sawi eksperimen baik caisin maupun pagoda lebih subur daripada noneksperimen.

38.   Bacalah kalimat penggalan cerpen berikut dengan saksama!
(1)  Meskipun kota kami selalu menjadi sunyi dan sepi setiap kali Lebaran tiba, kali ini kota kami penuh sesak dengan gerobak yang rupanya setiap hari bertambah dengan kelipatan berganda.
(2)  Mereka berkemah di depan rumah-rumah gedung, mereka tidur-tiduran sambil memandang rumah-rumah gedung yang indah, kokoh, kuat, asri, dan mewah dari luar pagar tembok.
(3)  Gerobak-gerobak itu masih saja berisi anak-anak kecil dan perempuan dekil, dihela seorang lelaki kuat yang melangkah keliling kota.
(4)  Pada hari Lebaran, penghuni rumah-rumah gedung itu banyak yang pulang kampong, meninggalkan rumah yang kadang-kadang dijaga satpam, dititipkan kepada tetangga, atau ditinggal dan dikunci begitu saja.
(5)  Pada hari Lebaran, gerobak-gerobak itu ternyata tidak semakin berkurang.
      Urutan yang tepat untuk kutipan cerpen tersebut adalah ….
      A.  (2), (1), (4), (3), (5)                      C.  (4), (1), (5), (2), (3)                              E.  (5), (1), (3), (2), (4)
      B.  (3), (5), (1), (2), (4)                       D.  (5), (1), (2), (3), (4)

39.   Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Bioteknologi secara umum berarti meningkatkan kualitas suatu organisme melalui aplikasi teknologi. Aplikasi teknologi tersebut dapat memodifikasi fungsi biologis suatu organisme dengan menambahkan gen dari organisme lain atau merekayasa gen pada organism tersebut. Selain itu bioteknologi juga memanfaatkan sel tumbuhan atau sel hewan yang dibiakkan sebagai bahan dasar sebagai proses industri.
      Sinonim kata bergaris bawah dalam kalimat tersebut adalah ….                         
     A.   penggabungan; merombak      C.   peningkatan; menambah      E.   pengembangan; memoles
     B.   pengaturan; meningkatkan      D.   penerapan; mengubah

40.   Bacalah teks cerita berikut!
Pada kesemptan lain, karena masih kecil tentu saja, kami sering mengeluh mengapa sekolah kami tak seperti sekolah-sekolah lain. Terutama atap sekolah yang bocor dan sangat menyusahkan saat musim hujan.  [….]  tak menanggapi keluhan itu tapi mengeluarkan sebuah buku berbahasa Belanda dan memperlihatkan sebuah gambar. Gambar itu adalah sebuah ruangan yang sempit, dikelilingi tembok tebal yang suram, tinggi, gelap, dan berjeruji. “Inilah sel Pak Karno di sebuah penjara di Bandung, di sini beliau menjalani hukuman dan setiap hari belajar, setiap waktu membaca buku. [….]  adalah salah satu orang tercerdas yang dimiliki bangsa ini.” Bu Mus tak melanjutkan ceritanya.
Mendapat jawaban demikian, [….] diam, teman-teman semua jangan diam. Dalam hati bergemuruh semangat untuk meneladani Pak Karno.
     Pronominal yang tepat untuk melengkapi teks ceritatersebut adalah ….
     A.  Ia; la; aku                                 C.  Dia; Beliau, kami                    E.  Beliau; Beliau; kami
     B.  Ia; la, kami                               D.  Beliau; Beliau, aku

41.   Bacalah teks berikut dengan saksama!
(1) Tempe dibuat dengan memanfaatkan jamur genus Rhizopus, seperti R, stoloniferus, R. oligosporus, dan R. oryzae  (2) Tempe bergizi tinggi dan mudah dicerna karena selama proses fermentasi, jamur Rhizopus menghasilkan enzim protease yang mampu mendegradasi protein menjadi asam amino dan enzim lipase yang menguraikan lemak menjadi asam lemak. (3) salah satu contoh maknan bergizi tinggi hasil bioteknologi adalah tempe.  (4) Baik asam amino maupun asam lemak merupakan senyawa sederhana yang langsung dapat diserap tubuh.  (5) Tempe merupakan makanan tradisional masyarakat Indonesia yang sudah dikenal sejak dulu.
     Urutan kalimat yang tepat untuk membentuk teks eksposisi tersebut padu adalah ….
     A.  (1), (5), (3), (4), (2)                  C.  (3), (5), (1), (2), (4)                 E.  (5), (1), (4), (3), (2)
     B.  (2), (1), (4), (3), (5)                  D.  (4), (5), (1), (2), (3)

42.   Cermatilah teks negosiasi berikut!
Bu Retno   :  (1) Berapa harga kangkung satu ikat , Bang?
Penjual      :  (2) Tiga ribu rupiah, Bu.
Bu Retno   :  (3) Wah, mahal sekali, biasanya hanya Rp1.500,00.  (4)  Bapak terlalu berlebihan dalam mengambil untung
Penjual      :  (5) Ini sudah harga umum di pasar, Bu.  (6)  Harganya naik, karena sedang jarang petani yang menanamnya.  (7)  Kalau Ibu tidak percaya, silahkan Tanya ke penjual kangkung lainnya.
     Kalimat tidak santun dalam teks dialog negosiasi tersebut di tandai dengan nomor ….
     A.  (3)                       B.  (4)                         C.  (5)              D.  (6)              E.  (7)

43.   Cermatilah teks eksposisi berikut!
Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang sudah tidak asing di mata dunia. Tempe dibuat dengan memanfaatkan proses fermentasi pada biji kedelai. Bahan lain yang digunakan untuk pembuatan tempe yaitu Rhizopus oligosporus [….] lebih dikenal sebagai ragi tempe. Fermentasi pada kedelai dengan bantuan ragi tempe inilah yang akan menghasilkan makanan tempe. […..] perlu diingat bahwa kedelai yang difermentasikan bukan kedelai mentah, […..] kedelai yang sudah direbus hingga matang dan dibuang kulitnya.
     Konjungsi yang tepat untuk melengkapi teks eksposisi tersebut adalah ….
     A.  dan; Di samping itu; tetapi                     D.  sehingga; Namun demikian; jadi
     B.  atau; Namun; melainkan                        E.  namun, hanya saja, namun demikian
     C.  Namun; melainkan; tetapi

44.   Bacalah teks berita berikut!
Jakarta – Muhammad Fadli akhirnya turun di Asian Paracycling Championship. Meski sudah terjun ke dunia balap sepeda, Fadli tetap memprioritaskan pekerjaannya sebagai instruktur balap motor. Fadli mewakili Indonesia di nomor Individual Time Trial kategori C4 pada Kejuaraan Asian Para-Cycling, 24 Februari – 3 Maret di Bahrain. Itu menjadi ajang pertamanya sebelum ia banting setir dari dunia balap motor, ia berhenti balap motor karena mengalami patah kaki. Selanjutnya, dengan kaki palsu ia terjun ke balap sepeda. Fadli juga menjadi wakil Indonesia pertama di level Asia. Kita bersyukur, Fadli finis di posisi keempat dengan catatan waktu 23 menit 34,78 detik. Manajer tim nasional sepeda Indonesia, Budi Saputra, menyambut positif pencapaian M. Fadli. Menurut Budi, hasil ini di luar ekspektasi sehingga ini adalah partisipasi pertama atlet asal Indonesia.
     Penggunaan konjungsi yang salah dalam teks berita tersebut adalah …..
     A.  akhirnya; meski                       D.  sebelum, karena                      E.  sebelum; sehingga
     B.  meski; sebelum
     C.  yang; Selain itu; akan tetapi

45.   Bacalah teks peristiwa sejarah berikut!
Indonesia tahun ini sedang mengalami pertumbuhan ekonomi paling lambat dalam lima tahun terakhir. […..], pertumbuhan industry e-commerce justru semakin pesat di tengah perlambatan laju ekonomi tanah air. Bukan tak mungkin nantinya industry e-commerce dapat menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional. […..], kebanyakan pelaku bisnis e-commerce di tanah air adalah usaha berskala kecil dan menengah (UKM). Seperti kita ketahui, UKM merupakan usaha yang paling tahan banting di saat krisis ekonomi sekalipun. Industry e-commerce, diharapkan dapat terus dikembangkan […..] mendukung perekonomian Indonesia yang diprediksi menjadi kekuatan ekonomi baru dunia pada tahun 2020 nanti.
     Konjungsi yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….
     A.  Di samping itu, lagi pula, guna C.  Akibatnya; Jadi; agar              E.  Di sisi lain; Sebaliknya; demi
     B.  Tetapi; Terlebih; untuk             D.  Selain itu; Bahkan; supaya

46.   Bacalah paragraf berikut!
(1) Tes psikologi merupakan instrument yang dirancang untuk mengukur semua aspek-aspek tertentu dari tingkah laku manusia. (2) Tes psikologi menghasilkan deskripsi yang objektif tentang aspek yang diukur menggunakan skor atau angka. (3) Dalam tes psikologi umumnya mencakup dua aspek utama, yaitu tes prestasi dan tes bakat atau intelegensi. (4) Pemberian skor dalam tes psikologi umumnya didasarkan pada sampel yang memiliki karakteristik mewakili populasi. (5) Skor ini merupakan indikator yang merefleksikan karakteristik yang dimiliki oleh subjek yang diukur.
     Kalimat-kalimat yang tidak efdektif pada paragraf tersebut ditandai dengan nomor …..
     A.  (1) dan (2)           B.  (1) dan (3)           C.  (2) dan (4)           D.  (3) dan (5)       E.  (4) dan (5)

47.   Bacalah teks ilmiah berikut!
Tes intelegensi merupakan tes yang dirancang untuk mengukur cakupan khusus, yaitu kemampuan seseorang dalam kaitannya dengan penggunaan pengetahuan yang ada ke dalam konteks yang […..]. Tes ini tidak mengukur bakat yang ada pada seseorang secara murni, tetapi lebih terfokus pada kemampuan seseorang peserta tes dalam memecahkan masalah yang sudah direncanakan oleh si pembuat tes. Tes semacam ini banyak digunakan pada tes yang mempunyai tujuan […..] keberhasilan seseorang ketika merasa masuk di sekolah yang hendak diikuti.
     Kata-kata bentukan yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam teks ilmiah (editorial) tersebut adalah …..
      A.   bervariasi; memrediksi             C.   bervariasi; memprediksi                E.  variatif; prediktif
      B.   berfariasi; memprediksikan      D.   divariasi; prediktif

48.   Cermatilah teks ulasan drama berikut!
(1)  Dialog drama “Monumen” adalah dialog verbal. (2)  Para tokoh berkomunikasi secara langsung dengan menggunakan bahasa verbal.  (3)  Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia dengan logat Jawa Yogyakarta.  (4)  Para tokoh memakai nyanyi-nyanyian untuk mengungkapkan pesan kepada penonton.  (5)  Patung-patung pahlawan yang terdapat dalam cerita berdialog, seakan mereka adaklah arwah tidak tenag yang selalu diusik oleh manusia yang tidak bertanggung jawab akan keberadaan patung-patung monument.
      Kalimat simpleks yang terdapat dalam teks ulasan drama tersebut adalah ….
      A.   (1)                    B.  (2)              C.  (3)              D.  (4)              E.  (5)

49.   Bacalah teks berita berikut!
(1) Sumber informasi daripada penelitian ini dibatasi yang berwujud surat kabar dan majalah. (2) Kedua jenis media cetak ini adalah merupakan sumber pustaka yang cukup baik dan mudah diperoleh di masyarakat.  (3) Mengingat bahwa informasi dari surat kabar dan majalah merupakan informasi yang sifatnya popular, para peneliti dianjurkan untuk lebih dahulu mengevaluasi isi yang hendak diambil. (4) Cara yang paling sederhana dan tetap efektif untuk diterapkan dalam mengevaluasi adalah dengan menjawab pertanyaan untuk menggali informasi. (5) Pertanyaan tersebut terdiri atas kata tanya apa, siapa, bagaimana, kapan, dan mengapa.
      Perbaikan kalimat tidak efektif pada teks berita di atas adalah ….
      A.  (1) Sumber informasi penelitian ini dibatasi yang berwujud surat kabar dan majalah. (2) Kedua jenis media cetak ini yaitu sumber pustaka yang cukup baik dan mudah diperoleh masyarakat.
      B.  (1) Sumber informasi pada penelitian ini dibatasi yang berwujud surat kabar dan majalah. (2) Kedua jenis media cetak ini adalah merupakan sumber pustaka yang cukup baik dan mudah diperoleh masyarakat.
      C.  (1) Sumber informasi dari penelitian ini dibatasi yang berwujud surat kabar dan majalah. (2) Kedua jenis media cetak ini adalah sumber pustaka yang cukup baik dan mudah diperoleh masyarakat.
      D.  (1) Sumber informasi dari penelitian ini dibatasi yang berwujud surat kabar dan majalah. (2) Kedua jenis media cetak ini adalah merupakan sumber pustaka yang cukup baik dan mudah diperoleh masyarakat.
      E.  (1) Sumber informasi dalam penelitian ini dibatasi yang berwujud surat kabar dan majalah. (2) Kedua jenis media cetak ini merupakan sumber pustaka yang cukup baik dan mudah diperoleh masyarakat.

50.   Bacalah teks berita berikut!
Penjualan mobil produksi PT Aster naik tajam. Tipe yang sedang laku keras adalah mobil minibus terbaru berkapasitas delapan penumpang dengan merek Esemku. “Penjualannya benar-benar di luar ekspektasi,” kata direktur pemasaran Pt Aster. Meski dibanderol dengan harga relatif murah, kualitas mobil ini tetap terjamin. Ada dua varian mobil ini, yakni tranmisi manual dan matik. Layanan servis purna jualnya terjamin dengan dukungan tehnisi handal yang tersebar di berbagai diler.
      Kata tidak baku dalam teks tersebut adalah ….
      A.  minibus, merek, dibanderol, relatif                    D.  varian, tranmisi, purna jual, tehnisi
      B.  ekspektasi, dibanderol, relative, kualitas            E.  servis, purna jual, tehnisi, diler
      C.  minibus, tranmisi, purna jual, tehnisi

51.   Cermatilah penulisan alamat surat berikut!
Yth. Sri Hastuti, M.Pd.
d/a. Prof. Sukardi Ph.D.
Jalan Cempaka Putih Barat Nomor 56
Jakarta Pusat, 10520
      Penggunaan tanda baca yang tepat untuk penulisan alamat tersebut ialah ….
      A.   Yth. Sri Hastuti, M.Pd.        C.   Yth: Sri Hastuti, M.Pd.        E   Yth. Sri Hastuti, M.Pd.
           d.a. Prof. Sukargi, Ph.D             d/a. Prof. Sukardi, Ph.D.              d.a. Prof. Sukardi, Ph.D     
           Jalan Cempaka Putih Barat 56 Jalan Cempaka Putih Barat 56  Jl. Cempaka Putih Barat 56     
           Jakarta Pusat 10520                  jakarta Pusat 10520                      Jakarta Pusat, 10520
      B.   Yth. Sri Hastuti M.Pd          D.   Yth. Sri Hastuti. M.Pd.
           d.a. Prof. Sukardi Ph.D.                        d.a. Prof. Sukardi. Ph.D.
           Jalan Cempaka Putih Barat 56   Jalan Cempaka Putih Barat 56
           Jakarta Pusat 10520                  Jakarta Pusat 10520

52.   Bacalah paragraf berikut!
(1) Berdasarkan penelitian, pembakaran premium masih menyisakan beberapa zat berbahaya seperti CO2, CO, NOX, dan PB atau timbale yang bersifat racun. (2) Premium sebagai bahan bakar beroktan rendah dan bersubsidi sekarang mulai dibatasi peredarannya. (3) Oleh karena itu, muncul terobosan baru untuk mengganti bahan bakar premium (bensin) dengan bahan bakar pertalite. (4) Pertalite merupakan bahan bakar ramah lingkungan yang diusung sebagai harapan baru bagi Indonesia. (5) Pertalite lebih ramah lingkungan dibandingkan premium karena pembakaran pertalite lebih sempurna.
      Kalimat penjelas yang sumbang dalam paragraph tersebut ditandai dengan nomor ….
      A.   (1)                   B.   (2)             C.   (3)             D.   (4)             E.   (5)
  
53.   Bacalah teks berikut!
Teknik kluster merupakn teknik memilih sampel menggunakan prinsip […]. Teknik ini berdasarkan pemilihan sampel pada kelompok, daerah, atau kelompok […] yang secara alami berkumpul bersama. Teknik ini sering digunakan oleh peneliti di lapangan yang wilayahnya luas. Dengan teknik ini, mereka lebih hemat biaya dan tenaga dalam menemui responden.
      Penggunaan kata yang penulisannya sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia untuk melengkapi teks tersebut adalah ….
      A.   probabilitas; subjek                             C.   probability; subjek                                    E.   probably
      B.   probability; subjek                              D.   probabilitas; subjek

54.   Bacalah teks biografi berikut dengan saksama!
Perjuangan politik merebut kemerdekaan berlanjut dengan dibentuknya Partai Nasional Indonesia (PNI) pada 1927. Soekarno menerapkan sikap non kooperasi dengan Belanda yang membuatnya beberapa kali masuk tahanan. Pada 1929 dia ditahan oleh Belanda di penjara Sukamiskin, Bandung, karena aktifitas politiknyta, tetapi dibebaskan dua tahun kemudian. Dia ditahan lagi pada 1933, diasingkan ke Ende, kemudian ke Bengkulu, sampai dia dibebaskan oleh jepang pada 1942.
      Perbaikan penulisan kata yang bercetak miring dalam teks biografi sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia adalah ….
      A.   nonkooperasi, aktivis          C.   nonkooperasi, aktivitas        E.   nonkooperatif, aktivitas
      B.   non-kooperasi, aktifitas       D.   nonkooperasi, aktifitas

55.   Cermatilah penulisan daftar pustaka berikut!
Satra, Abdul Kahfi, 2011, Misteri DNA Manusia, Jogjakarta, FlashBooks.
      Perbaikan penggunaan tanda baca pada penulisan daftar pustaka adalah ….
      A.   Satra, Abdul Kahfi, 2011, Misteri DNA Manusia, Jogjakarta: FlashBooks.
      B.   Satra, Abdul Kahfi, 2011, Misteri DNA MAnusia. Jogjakarta; FlashBooks.
      C.   Satra, Abdul Kahfi, 2011: Misteri DNA MAnusia. Jogjakarta: FlashBooks.
      D.   Satra, Abdul Kahfi. 2011. Misteri DNA MAnusia. Jogjakarta: FlashBooks.
      E.   Satra, Abdul Kahfi, 2011. Misteri DNA MAnusia. (Jogjakarta: FlashBooks.)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.