Header Ads

Soal dan Pembahasan Ulangan Harian Teknik Pemesinan Frais Kelas XI | KD. 3.2 Memahami handel-handel yang tersedia pada mesin untuk proses pengefraisan

Soal dan Pembahasan Ulangan Harian Teknik Pemesinan Frais Kelas XI | KD. 3.2 Memahami handel-handel yang tersedia pada mesin untuk proses pengefraisan

Teknik Pemesinan: Soal Ulangan Harian Teknik Pemesinan Frais ini admin buat dengan tujuan semoga bisa membantu bapak/ibu guru dan siswa dalam proses belajar dan mengajar.


MATERI :
-  Menghidupkan dan mematikan mesin frais
-  Kegunaan mesin frais
-  Fungsi mesin frais sesuai standart
-  Macam mesin frais

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.    Apakah yang dimaksud dengan menghidupkan dan mematikan mesin frais?
Jawab:
Yang dimaksud dengan menghidupkan mesin adalah, kegiatan mengaktifkan/menghidupkan motor penggerak mesin untuk memutar spindel utama mesin frais untuk proses pengefraisan. Sedangkan yang dimaksud mematikan mesin adalah kegiatan mematikan motor penggerak mesin untuk menghentikan spindel utama mesin frais, jika prosea pengefraisan sudah selesai.

2.    Sebutkan kegunaan mesin frais tracer controlled!.
Jawab:
Mesin frais ini digunakan untuk membuat bentuk-bentuk kompleks seperti pada bentuk cetakan. Gerakan dari pelacak yang menyentuh benda asli akan mengarahkan gerakan pisau frais. Sehingga bentuk benda duplikat akan sama persis. Gerakan stylus (pelacak) akan menekan sistem hidrolik dan mengangkat meja. Susunan dari semua sistem itu bisa disebut servomechanism.

3.    Sebutkan fungsi mesin frais standar minimal enam buah!
Jawab:
a.    Untuk membuat bidang rata.
b.    Untuk membuat bidang miring.
c.     Untuk membuat bidang siku.
d.    Untuk membuat bidang sejajar.
e.    Untuk membuat bidang alur lurus.
f.     Untuk membuat segi beraturan atau tidak beraturan.
g.    Untuk membuat roda gigi.
h.    Untuk membuat nok/eksentrik.
i.      Untuk membuat ulir scolor.
j.      Untuk membuat ulir cacing dengan kisar besar.

4.    Secara garis besar mesin frais ada tiga, sebutkan dan jelaskan ciri-cirinya!
Jawab:
a.    Mesin frais vertikal, yaitu mesin frais yang memiliki spindel pada posisi tegak/vertikal. Gerakan mejanya dapat bergerak ke arah memanjang (longitudinal) dan melintang (cross slide) serta naik turun.
b.    Mesin frais horisontal, yaitu mesin frais yang kedudukan arbornya dipasang pada spindel mesin dengan posisi mendatar.
c.     Mesin frais universal, yaitu suatu jenis mesin frais yang memiliki kedudukan arbor yang dapat dipasang pada spindel posisi mendatar dan juga dapat dipasang pada posisi tegak, karena pada umumnya disediakan spindel kepala tegak.

5.    Jelaskan gambaran tentang mesin frais horizontal!
Jawab:
Mesin frais horizontal, alasnya (base) dari besi tuangkelabu, yang mendukung seluruh komponen dan dibaut fondasi serta berfungsi untuk menampung cairan pendingin yang mengalir ke bawah, di mana di dalam kolom (column) terdapat mesin pompa yang memompa cairan tersebut untuk kemudian disirkulasi iagi ke atas meja (table).


>>> Semoga Bermanfaat <<<

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.