Header Ads

Soal dan Kunci Jawaban Ulangan Harian Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM Kelas XI | KD 3.9 Menerapkan teknik pemograman mesin frais CNC

Soal dan Kunci Jawaban Ulangan Harian Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM Kelas XI | KD 3.9 Menerapkan teknik pemograman mesin frais CNC


Teknik Pemesinan: Soal Ulangan Harian (UH) Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM ini admin buat dengan tujuan semoga bisa membantu bapak/ibu guru dan siswa dalam proses belajar dan mengajar.

MATERI:
- Teknik dan prosedur pemograman mesin frais CNC

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Apa yang dimaksud dengan program CNC
Jawab:
Program CNC adalah sejumlah urutan perintah logis yang disusun dengan kode-kode huruf dan angka yang bisa dimengerti oleh unit kontrol mesin

2. Apa saja kontruksi yang dimiliki program CNC?
Jawab:
Secara umum, program NC memiliki konstruksi tertentu, yaitu kode atau perintah pendahuluan dan perintah pembantu. Perintah pendahuluan umumnya menggunakan kode G, sedang perintah pembantu menggunakan fungsi M.
  
3. Program NC selain kode G dan M, di dalamnya terdiri dari sejumlah kode-kode perintah yang tersusun dalam bentuk kombinasi huruf-huruf tertentu dan angka. Sebutkan kode huruf dan kode angka yang dimaksud!
Jawab:
Kode berupa huruf, misalnya N, G, S, F, H, I, J, T, N, K, D, X, Y, Z dan angka 0 s.d 9

4. Apa yang dimaksud dengan word dan blok dalam pemrograman CNC?
Jawab:
Word (kata) adalah suatu kode huruf yang di belakangnya diikuti angka (kombinasi huruf dan angka). Sedangkan blok adalah gabungan dari beberapa kata.

 5. Jelaskan yang dimaksud blok dalam pemrograman CNC!
Jawab:
“Blok” merupakan gabungan dari beberapa kata yang membentuk satu tahapan perintah, misalnya eretan melintang bergerak lurus sejauh 4 mm mendekati sumbu dengan kecepatan mm/menit. Di dalam sebuah program CNC satu tahapan perintah ditulis dalam satu baris, berarti blok adalah gabungan beberapa kata yang ditulis dalam satu baris program. Komputer (unit kontrol) mesin membaca dan menjalankan program per satu blok, bukan per kata.



>>> Semoga Bermanfaat <<<

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.