Header Ads

Model Pembelajaran Berbasis STEM

Model Pembelajaran Berbasis STEM


Model Pembelajaran Berbasis STEM

A. Pengantar
      Pengalaman belajar sains dan teknologi rekayasa dengan pendekatan STEM mengembangkan pemahaman peserta didik terhadap konten sains dan teknologi rekayasa, kemampuan inovasi dan pemecahan masalah, soft skills (antara lain komunikasi, kerjasama, kepemimpinan). Pembelajaran sains dengan pendekatan STEM melatih peserta didik dalam berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif. Terdapat beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan untuk pendekatan STEM diantaranya PBL, PJBL, STEM PJBL dan 5E. Contoh model pembelajaran dapat dipelajari pada Unit pembelajaran dengan pendekatan STEM yang merupakan naskah pedoman bagi guru dalam mempersiapkan pembelajaran dengan pendekatan STEM mulai dari identifikasi topik pembelajaran melalui analisis STEM pada kurikulum, identifikasi karakteristik pembelajaran STEM yang disajikan dalam desain pembelajaran, konsep prasyarat, skenario pembelajaran sesuai model yang dipilih, contoh penilaian dan lembar kerja siswa yang dapat diadopsi untuk pembuatan RPP.
      Pada materi ini Anda dapat mempelajari model-model pembelajaran menggunakan pendekatan STEM melalui kegiatan kajian unit pembelajaran, melakukan uji coba model pembelajaran yang ada pada unit, terutama lembar kerja. Setelah itu Anda akan memberikan masukan terhadap unit untuk penyempurnaan agar dapat diimplementasikan sesuai dengan kondisi sekolah dan menyusun unit pembelajaran dengan topik lain sesuai dengan mata pelajaran yang Anda ampu.

Kompetensi :
Memahami penerapan model-model pembelajaran  STEM

Indikator : 
1. Mengidentifikasi sintak model pembelajaran PBL, PjBL, PjBL STEM, dan 5E pada mata pelajaran yang diampu dengan pendekatan STEM.
2. Mendeskripsikan penerapan Model PBL, PjBL, PjBL STEM, dan 5E dalam pembelajaran mata pelajaran yang diampu.
3. Mengidentifikasi penerapan model EDP dengan model model pembelajaran

Uraian secara lengkap mengenai penjelasan penerapan model-model pembelajaran dengan pendekatan STEM bisa download dibawah ini:
- download | LK 3.1 Identifikas model pembelajaran STEM
- download | LK 3.2 Penerapan EDP pada Model Lain

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.