Header Ads

Soal dan Kunci Jawaban Ulangan Harian Pekerjaan Dasar Teknik Mesin | Kebakaran dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)


Teknik Pemesinan: Soal Ulangan Harian Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM). Admin buat dengan tujuan semoga bisa membantu bapak/ibu guru dan siswa dalam proses belajar dan mengajar.

Materi: 
- Kebakaran dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1 Jelaskan tentang jenis kebakaran kelas B!
Jawab:
Kebakaran kelas B, merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan cair yang mudah terbakar, seperti minyak (bensin, solar, dan oli), alkohol, cat, solvent, metanol, dan sebagainya. Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan kebakaran kelas B adalah APAR jenis karbon dioksida (C02), APAR jenis busa (foam), dan APAR jenis tepung kimia (dry powder ).

2. Mengapa udara dapat menyebabkan terjadinya kebakaran?
Jawab: 
Karena udara merupakan unsur yang diperlukan dalam pembakaran/terjadinya api. Apabila udara cukup, maka pembakaran bahan bakar dapat berlangsung dengan sempuma.

3. Bagaimana cara mencegah kebakaran akibat korsleting?
Jawab: 
a. Gunakanlah material listrik seperti kabel, sakelar. dan stop kontak yang memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI). Lembaga Masalah Kelistrikan (LMK), dan standar PLN (SPLN).
b. Gantilah kabel listrik jika sudah mengelupas karena kabel listrik yang mengeiupas dapat menciptakan bunga api saat terkena zat cair.
c. Janganlah menumpuk-numpuk stopkontak pada satu sumber listrik, sehingga tidak terjadi korsleting akibat kabel listrik yang kelebihan muatan.
d. Periksalah instalasi listrik di rumah secara berkaia, misalnya setiap lima jahun.
e. Hmdarilah pencurian listrik dengan cara apa pun.
f. Merapihkan jalur instalasi listrik.

4. Jelaskan tentang APAR jenis hafon\ e.
Jawab:
Halon adalah APAR yang diisi dengan gas carbon monoksida (CO) yang dapat mematikan api dengan mengeluarkan cairan yang dingin. Pengguna APAR dilarang memegang nozzle saat melakukan pemadaman untuk menghindari tangan menjadi kaku. karena mengalami kebekuan yang berakibat fatal saat melakukan pemadaman.

5. Bagaimana cara penggunaan APAR?
Jawab: 
a. Tarik pin pengaman yang berbentuk seperti kunci pada bagian APAR.
b. Peganglah tabung dan arahkan slang pada titik api.
c. Tekan tuas pegangan/katup. yang biasa terletak d.i atas tabung, untuk mengeluarkan isi tabung.
d. Semprotlah pada titik (sumber) api dari sisi ke sisi dengan gerakan seperti menyapu. Ingat semprot ke sumber api bukan ke lidan api.



>>> Semoga Bermanfaat <<<





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.