Header Ads

Soal dan Kunci Jawaban Ulangan Harian Pekerjaan Dasar Teknik Mesin | Potensi dan Risio Kecelakaan Kerja


Teknik Pemesinan: Soal Ulangan Harian Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM). Admin buat dengan tujuan semoga bisa membantu bapak/ibu guru dan siswa dalam proses belajar dan mengajar.

Materi:
- Potensi dan Risio Kecelakaan Kerja

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Jelaskan tentang accident prone theory!
Jawab:
Teori kecendemngan keceiakaan (accident prone theory), menyebutkan jika pekerja tertentu lebih sering tertimpa keceiakaan, karena sifat-sifat pribadinya yang memang cenderung untuk mengalami keceiakaan kerja.

2. Apa yang dimaksud dengan accident?
Jawab: 
Accident adalah kejadian yang tidak diinginkan yang menimbulkan kerugian baik bagi manusia maupun terhadap harta benda.

3. Bagaimana suatu risiko bahaya kerja dapat dikatakan sangat berat?
Jawab: 
Jika risiko tersebut dapat mengakibatkan kematian atau kehancuran seluruh properti beserta fasilitas yang ada di dalamnya.

4. Sebutkan pertimbangan-pertimbangan dalam identifikasi bahaya dan risiko!
Jawab: 
a. Aktivitas rutin dan nonrutin.
b. Aktivitas dari semua individu yang memiliki akses ke tempat kerja termasuk kontraktor.
c. Perilaku manusia, kemampuan, dan faktor manusia lainnya.
d. Identifikasi semua bahaya yang berasal dari luar tempat kerja yang dapat menimbulkan efek terhadap kesehatan dan keselamatan manusia yang berada dalam perlindungan organisasi di dalam tempat kerja.
e. Bahaya yang timbul di sekitar tempat kerja dari aktivitas yang berkaitan dengan pekerja yang berada di bawah kendali organisasi instruktur, peralatan, dan material di tempat kerja, apakah yang disediakan organisasi atau pihak lain.
f. Perubahan atau rencana perubahan dalam kegiatan organisasi, kegiatannya, atau material.
g. Modifikasi pada sistem manajeman K3L. termasuk perubahan sementara dan dampaknya terhadap organisasi, proses, dan aktivitas.
h. Setiap persyaratan legal yang dapat diberlakukan berkaitan dengan pengendalian risiko dan implementasi dari pengendalian yang diperlukan.
i. Rancangan dari lingkungan kerja, proses, instalasi, permesinan/peralatan. prosedur operasi, dan organisasi kerja, termasuk adaptasi terhadap kemampuan manusia.

5. Jelaskan tentang metode proaktif dalam mengidentifikasi bahaya dan risiko!
Jawab: 
Metode proaktif, metode terbaik untuk mengidentifikasi bahaya adalah cara proaktif, atau mencari bahaya sebelum bahaya tersebut menimbulkan akibat atau dampak yang merugikan. Tindakan proaktif memiliki kelebihan, di antaranya:
a. Bersifat preventif karena bahaya dikendalikan sebelum menimbulkan keceiakaan atau cedera.
b. Bersifat peningkatan berkelanjutan (continualimprovement ) karena dengan mengenal bahaya dapat dilakukan upaya perbaikan.
c. Meningkatkan " awareness semua pekerja setelah mengetahui dana mengenal adanya bahaya di sekitar tempat kerjanya.
d. Mencegah pemborosan yang tidak diinginkan, karena adanya bahaya dapat menimbulkan kerugian, misalnya ada katup yang bocor tanpa diketahui, maka akan terus-menerus mengeluarkan bahan/bocoran, sehingga dapat menimbulkan kerugian.



>>> Semoga Bermanfaat <<<

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.