Header Ads

Soal dan Kunci Jawaban Ulangan Harian Pekerjaan Dasar Teknik Mesin | Dasar Proses Pembentukan Fabrikasi Logam dan Pengelasan

Soal dan Kunci Jawaban Ulangan Harian Pekerjaan Dasar Teknik Mesin | Dasar Proses Pembentukan Fabrikasi Logam dan Pengelasan

Teknik Pemesinan: Soal Ulangan Harian Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM). Admin buat dengan tujuan semoga bisa membantu bapak/ibu guru dan siswa dalam proses belajar dan mengajar.

MATERI:
- Pengelasan
- Dasar-dasar proses pembentukan dan pabrikasi logam

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.    Sebutkan enam cara pembentukan logam!
Jawab:
Casting, machining, metal forming welding, heat treatment, dan surface treatment.

2.    Apa yang dimaksud dengan proses machining?
Jawab:
Proses permesinan (machining) adalah proses pembuatan (manufacturing) di mana perkakas potong (cutting tool ) digunakan untuk membentuk material dari bentuk dasar menjadi bentuk yang diinginkan.

3.    Jelaskan tentang proses-proses bulk deformation dalam metal forming !
Jawab:
a.    Rolling adalah proses penekanan (kompresi) untuk mengurangi ketebalan sebuah slab oleh sepasang mekanisme roller.
b.    Forging atau penempaan adalah proses deformasi di mana benda kerja ditekan di antara dua die (cetakan).
c.    Extrusion atau ekstrusi merupakan proses pembentukan logam yang bertujuan untuk mereduksi atau mengecilkan penampang dengan cara menekan bahan logam melalui rongga cetakan, metode pembentuan logam ini menggunakan gaya tekan yang relatif besar.
d.    Drawing, yaitu penekanan material benda kerja yang berupa lembaran logam yang disebut dengan blank sehingga terjadi peregangan mengikuti bentuk dies (cetakan)

4.    Apakah yang dimaksud dengan las SMAW?
Jawab:
SMAW (Shield Metal Arch Welding) adalah las busur nyala api listrik terlindung dengan mempergunakan busur nyala listrik sebagai sumber panas pencair logam.

5.    Sebutkan surface treatment yang umum dilakukan dan jelaskan!
Jawab:
a.    Carburizing
Prosesini dilakukan dengan memanaskan baja karbon rendah di dalam lingkungan gas monoksida, sehingga baja akan menyerap karbon dari gas CO.
b.    Nitriding
Proses ini dilakukan dengan memanaskan baja karbon rendah di dalam lingkungan gas nitrogen sehingga terbentuk lapisan besi nitrida yang keras pada permukaanya.
c.    Cyaniding
Proses ini dilakukan dengan memanaskan komponen yang akan diproses kedalam larutan garam sianida dengan temperature sekitar 800°C, sehingga baja karbon rendah akan membentuk lapisan karbida dan nitride.
d.    Flame hardening dan induction hardening
Proses Flame hardening dan induction hardening bisa dilakukan pada baja karbon sedang atau tinggi. Flame hardening  dilakukan dengan memanaskan permukaan yang akan dikeraskan dengan nyala api oxyacetylene yang dilanjutkan dengan semprotan air untuk quenching. Sedangkan idcuction hardening prinsipnya sama dengan Flame hardening, pemanasanya tidak dilakukan dengan nyala api, tetapi mengguanakan kumparan istrik.
e.    Painting (Pengecatan)
Proses pelapisan dengan menggunakan bahan pelapis cat yang telah diberi warna yang digunakan sebagai proses akhir (finishng). Tujuanya adalah sebagai dekoratif, protektif dan pelindung khusus. 



>>> Semoga Bermanfaat <<<

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.