Header Ads

Soal dan Pembahasan Ulangan Harian Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI | KD. 3.1 Memahami bagian-bagian mesin bubut berdasarkan jenis dan fungsinya



Teknik Pemesinan: Soal Ulangan Harian (UH) Teknik Pemesinan Bubut ini admin buat dengan tujuan semoga bisa membantu bapak/ibu guru dan siswa dalam proses belajar dan mengajar.

MATERI:
- Bagian-bagian mesin bubut

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1. sebutkan fungsi mesin bubut standart !
Jawab:
Berfungsi untuk membuat/memproduksi benda-benda berpenampang silindris di antaranya dapat membuat poros lurus, men-champer, mengalur, mengulir, mengebo, memperbesar lubang, me-reamer, mengkartel, memotong.

2. Sebutkan bagaian utama mesin bubut standart
Jawab:
Bagian utama mesin bubut standart diantaranya: Kepala tetap, kepala lepas, alas/meja mesin, eretan transportir, sumbu utama, tuas, pelat tabel dan penjepit pahat

3. Apakah fungsi bagian kepala tetap, kepala lepas dan alas/meja mesin bubut standart ?
Jawab:
a. Kepala tetap, berfungsi sebagai dudukan beberapa perlengkapan mesin bubut di antaranya: cekam (chuck), kollet, senter tetap, atau pelat pembawa rata (face plate), dan pelat pembawa berekor (driving plate).
b. Kepala lepas, digunakan sebagai dudukan senter putar (rotary centre), senter tetap, cekam bor (chuck drill), dan mata bor bertangkai tirus yang pemasangannya dimasukkan pada lubang tirus (sleeve) kepala lepas.
c. Alas/meja mesin, digunakan sebagai tempat kedudukan kepala lepas, eretan, penyangga diam (steady rest), dan merupakan tumpuan gaya pemakanan pada waktu pembubutan.

4. Sebut dan jelaskan bagian-bagian eretan pada mesin bubut standar!
Jawab:
Eretan (carriage), terdiri dari tiga bagian/elemen di antaranya, eretan memanjang, eretan melintang, dan eretan atas.
a. Eretan memanjang (longitudinal carriage), berfungsi untuk melakukan gerakan pemakanan arah memanjang mendekati atau menajauhi spindle mesin, secara manual atau otomatis sepanjang meja/alas mesin, dan sekaligus sebagai dudukan eretan melintang.
b. Eretan melintang (cross carriage), befungsi untuk melakukan gerakan pemakanan arah melintang mendekati atau menjauhi sumbu senter, secara manual/otomatis dan sekaligus sebagai dudukan eretan atas.
c. Eretan atas (top carriage), berfungsi untuk melakukan pemakanan secara manual ke arah sudut yang dikehendaki sesuai penyetelannya.

5. Apakah fungsi poros transportir dan poros pembawa?
Jawab:
a. Poros transportir adalah sebuah poros berulir berbentuk segi empat atau trapesium dengan jenis ulir whitworth (inci) atau metrik (mm), berfungsi untuk membawa eretan pada waktu pembubutan secara otomatis, misalnya pembubutan arah memanjang/melintang dan ulir.
b. Poros pembawa adalah poros yang selalu berputar untuk membawa atau mendukung jalannya eretan dalam proses pemakanan secara otomatis.



>>> Semoga Bermanfaat <<<

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.