Header Ads

Soal dan Pembahasan Ulangan Harian Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI | KD. 3.2 Memahami handel-handel yang tersedia pada mesin untuk pembubutan

Soal dan Pembahasan Ulangan Harian Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI | KD. 3.2 Memahami handel-handel yang tersedia pada mesin untuk pembubutan


Teknik Pemesinan: Soal Ulangan Harian (UH) Teknik Pemesinan Bubut ini admin buat dengan tujuan semoga bisa membantu bapak/ibu guru dan siswa dalam proses belajar dan mengajar.

MATERI:
- Handel-handel pada mesin bubut
- Jenis-jenis mesin bubut

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1. Apa yang Anda ketahui tentang mesin bubut?
Jawab:
Mesin bubut adalah suatu jenis mesin perkakas yang dalam proses kerjanya bergerak memutar benda kerja dan menggunakan mata potong pahat (tools) sebagai alat untuk menyayat benda kerja tersebut.

2. Jelaskan yang dimaksud dengan proses bubut!
Jawab:
Proses bubut adalah proses pemesinan untuk menghasilkan bagian-bagian mesin berbentuk silindris yang dikerjakan dengan menggunakan mesin bubut.

3. Jelaskan prinsip dasar dari proses bubut!
Jawab:
Prinsip dasar proses bubut didefinisikan sebagai proses pemesinan permukaan luar benda silindris atau bubut rata dengan benda kerja yang berputar, dengan satu pahat bermata potong tunggal (with a single-point cutting tool), dan dengan gerakan pahat sejajar terhadap sumbu benda kerja pada jarak tertentu sehingga akan membuang permukaan luar benda kerja.

4. Apa yang dimaksud dengan proses bubut kontur?
Jawab:
Proses bubut kontur adalah proses bubut yang dilakukan dengan cara memvariasi kedalaman potong, sehingga menghasilkan bentuk yang diinginkan.

5. Jelaskan fungsi bed atau meja mesin bubut!
Jawab:
Meja mesin bubut berfungsi sebagai tempat dudukan kepala lepas, eretan, penyangga diam (steady rest), dan juga berfungsi sebagai tumpuan gaya pemakanan saat pembubutan.



>>> Semoga Bermanfaat <<<

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.