Header Ads

Soal dan Pembahasan Ulangan Harian Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI |KD 3.8 Menganalisis parameter pemotongan mesin bubut untuk berbagai jenis pekerjaan

Soal dan Pembahasan Ulangan Harian Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI |KD 3.8 Menganalisis parameter pemotongan mesin bubut untuk berbagai jenis pekerjaan

Teknik Pemesinan: Soal Ulangan Harian (UH) Teknik Pemesinan Bubut ini admin buat dengan tujuan semoga bisa membantu bapak/ibu guru dan siswa dalam proses belajar dan mengajar.

MATERI:
- Parameter pemotongan pada mesin bubut

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!              
1. Apa yang dimaksud dengan kecepatan pemakanan atau ingsutan
Jawab:
Kecepatan dengan mempertimbangkan beberapa faktor diantaranya kekerasan baha, kedalaman penyayata, sudut-sudut sayat alat potong, bahan alat potong, ketajaman alat potong dan kesiapan mesin yang akan digunakan.

2. Bagaimanakah rumus yang digunakan untuk menentukan putaran mesin?
Jawab:
Vf = f · n (mm/menit)

3. Sebuah benda kerja berdiameter 40 mm, akan dibubut dengan kecepatan potong (Cs) 25 meter/menit dan besar pemakanan (f) 0,2 mm/putaran. Berapa besar kecepatan pemakananya?
Jawab:


n  = 199,044  = 199 rpm 
Vf = f · n
Vf = 0,2 · 199 = 39,8 mm/menit 
Pengertianya adalah, pahat bergeser sejauh 39,8 mm, selama 1 menit

4. Dalam membuat produk atau komponen pada mesin bubut, lamanya waktu proses pemesinanya perlu diketahui/dihitung. Mengapa hal ini penting?
Jawab:
karena dengan mengetahui kebutuhan waktu yang diperlukan, perencanaan dan kegiatan produksi dapat berjalan lancar. Apabila diameter benda kerja, kecepatan potong dan kecepatan penyayatan/pergeseran pahatnya diketahui, maka waktu pembubutan dapat di hitung.

5. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi waktu pemesinan bubut!
Jawab:
Seberapa besar panjang atau jarak tempuh pembubutan (L) dalam satuan mm dan keceoatan pemakanan (Vf) dalam satuan mm/menit.



>>> Semoga Bermanfaat <<<

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.