Header Ads

Soal dan Pembahasan Ulangan Harian Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI | KD 3.9 Menganalisis berbagai jenis pekerjaan pada pemesinan bubut

Soal dan Pembahasan Ulangan Harian Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI | KD 3.9 Menganalisis berbagai jenis pekerjaan pada pemesinan bubut


Teknik Pemesinan: Soal Ulangan Harian (UH) Teknik Pemesinan Bubut ini admin buat dengan tujuan semoga bisa membantu bapak/ibu guru dan siswa dalam proses belajar dan mengajar.

MATERI:
- Persiapan pekerjaan membubut

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1. Apa yang dimaksud dengan turning?
Jawab:
Pekerjaan bubut (turning) adalah proses pemesinan untuk menghasilkan bagian-bagian mesin berbentuk silindris yang dikerjakan dengan menggunakan mesin bubut.

2. Apa bedanya bentuk tirus dengan kerucut?
Jawab:
Tirus adalah benda putaran yang meramping ukuran diametemya. Bila meruncing sampai ke ujungnya dinamakan kerucut (konis).

3. Sebutkan tiga cara membuat bentuk tirus pada mesin bubut!
Jawab:
Pada mesin bubut, bentuk tirus dapat dibuat dengan memutar eretan atas, menggeser kepala lepas, dan dengan peralatan tambahan khusus untuk pembubutan tirus (taper attachment) yang memasang perlengkapan tirus dihubungkan dengan eretan lintang.

4. Sebutkan kelebihan dan kekurangan membubut tirus dengan menggeser kepala lepas!
Jawab:
Kelebihan membubut tirus dengan menggeser kepala lepas, antara lain dapat digunakan untuk membubut tirus yang panjang, pembubutan dapat dilakukan secara otomatis sehingga dapat menghasilkan hasil bubutan yang halus. Kekurangan dari pembubutan tirus dengan menggeser kepala lepas, antara lain karena dilakukan dengan menggeser senter kepala lepas sehingga penumpuan benda kerja menjadi buruk apalagi untuk sudut-sudut besar mengakibatkan keamanan berkurang atau berbahaya, sudut yang terbentuk kecil, besarnya pergeseran hanya boleh sampai dari panjang benda kerja.

5. Jelaskan pengertian proses bubut permukaan!
Jawab:
Proses bubut permukaan adalah proses bubut yang identik dengan proses bubut rata, tetapi arah gerakan pemakanannya tegak lurus terhadap sumbu benda kerja.




>>> Semoga Bermanfaat <<<




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.